Senin, 04 Februari 2013

Manchester City 2-2 Liverpool

Kedua tim saling berbalas keunggulan hingga akhirnya harus puas dengan skor sama kuat.

Manchester City harus puas bermain sama kuat 2-2 saat menjamu Liverpool dalam pertandingan seru lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (3/2) malam.

Seakan tak mau membuang waktu, City langsung berinisiatif menyerang. Tendangan keras David Silva dari jarak 20 yard ditepis Pepe Reina ke atas mistar.  Reina sempat kewalahan menghalau tendangan penjuru, beruntung masih ada Jordan Henderson yang membersihkan ancaman lawan.

Liverpool banyak memainkan serangan-serangan cepat melalui sayap. Taktik ini tidak banyak merepotkan pertahanan City hingga 15 menit pertama pertandingan. Namun, ancaman sungguhan hadir ketika Daniel Sturridge memberikan umpan terobosan kepada Glen Johnson. Joe Hart berhasil dikecoh, tetapi masih ada Pablo Zabaleta yang melakukan tekel guna menyelamatkan gawangnya.

Peluang itu menghidupkan permainan Liverpool. Luis Suarez mulai terpanggil untuk beraksi ketika dua kali pergerakannya merepotkan City. Saat asyik menekan, gawang Reina justru bergetar pada menit ke-23. Pertahanan Liverpool yang terbuka dimanfaatkan Silva untuk memberikan bola kepada James Milner. Umpan rendah Milner kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Edin Dzeko di mulut gawang.

Sturridge mampu menyamakan kedudukan enam menit berselang. Tendangan kerasnya dari tepi kotak penalti tak mampu dihadang Joe Hart. Ketika Sturridge menolak merayakan gol demi menghormati bekas klubnya, para pemain tuan rumah memprotes wasit karena tidak menghiraukan Dzeko yang terjatuh karena cedera. Gol ini menjadi yang pertama bersarang di gawang City tahun ini.

Pertahanan Liverpool kian solid usai gol Sturridge. Duet Steven Gerrard dan Lucas Leiva di lini tengah mampu mengimbangi permainan kombinasi David Silva dan Sergio Aguero. Kesalahan Zabaleta memberikan umpan balik kepada Hart bahkan nyaris menyebabkan gol cuma-cuma. Beruntung bola meleset tipis di samping tiang. Kedudukan tetap 1-1 saat turun minum.

Liverpool memanfaatkan momentum dengan terus melancarkan tekanan. Permainan bersemangat ini malah berujung dua kartu kuning beruntun di awal babak kedua. Sturridge diberi peringatan wasit karena melakukan simulasi di kotak penalti City, sedangkan Jamie Carragher bernasib serupa setelah menggasak Sergio Aguero.

Upaya City mengimbangi tekanan lawan adalah dengan memasukkan Aleksandar Kolarov untuk menggantikan Matija Nastasic. Tuan rumah pun meraih kesempatan mengembalikan keunggulan setelah sejam pertandingan. Aguero melejit melewati kawalan Jose Enrique dan merambah kotak penalti Liverpool. Ketika berupaya melewati hadangan Daniel Agger, Aguero terpeleset sehingga hilang sudah peluangnya.

Menit 73, Gerrard membuat pendukung tim tandang bersorak. Menyambut bola sapuan Clichy, sang kapten melepaskan tembakan setengah voli dari jarak 25 yard ke pojok kanan gawang Hart.

Keunggulan itu hanya bertahan enam menit. Aguero berhasil memanfaatkan umpan panjang Gareth Barry untuk menyamakan kedudukan. Upaya Reina menutup ruang tidak membuahkan hasil karena tindakan itu justru membiarkan gawangnya melompong tanpa kawalan.

Kedudukan imbang kian menggenjot semangat City untuk mengemas hasil maksimal. Kemenangan sangat dibutuhkan pasukan Roberto Mancini untuk menjaga persaingan di papan atas klasemen. Upaya itu mendapat perlawanan dari Liverpool. Sturridge nyaris mengubah lagi papan skor setelah tendangan kerasnya harus dihentikan Hart sambil menjatuhkan diri.

Hingga lima menit tambahan waktu berakhir, kedua tim tetap bermain sama kuat sehingga harus puas dengan perolehan satu poin. City kini tertinggal sembilan poin di belakang Manchester United di klasemen, sedangkan Liverpool berada di peringkat tujuh dengan 36 poin dalam 25 pertandingan.

Susunan pemain:

Manchester City Joe Hart; Joleon Lescott, Matija Nastasic, Pablo Zabaleta, Gael Clichy; Gareth Barry, Javi Garcia; James Milner, David Silva, Edin Dzeko; Sergio Aguero.
Liverpool Pepe Reina; Glen Johnson, Jose Enrique, Jamie Carragher, Daniel Agger; Jordan Henderson, Lucas Leiva, Steven Gerrard; Stewart Downing, Daniel Sturridge, Luis Suarez.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar