Sabtu, 12 Januari 2013

Langkah Tepat Mendisiplinkan Anak

BERKATA kasar pada anak jika ia melakukan bentuk kesalahan, bukanlah hal yang tepat. Ada beberapa cara untuk mendidik anak menjadi disiplin. Seperti yang dikutip dari Magforwomen, berikut adalah tipsnya.

1. Jangan katakan hal keliru pada anak

Untuk membujuk anak, jangan sesekali untuk mengatakan hal yang bohong agar ia menuruti perintah Anda. Sebaiknya, katakan hal yang benar atau nyatakan konsekuensi jika anak tidak menuruti perintah Anda. Menakut-nakuti anak dengan sesuatu, hanya akan membuat anak menjadi pribadi yang lemah. Sediakan waktu Anda lebih banyak bersama anak untuk mengetahui perkembangan psikologis anak secara signifikan.

2. Hindari omelan keras dan ancaman

Saat anak tidak mau menuruti perintah Anda, jangan pernah untuk berkata keras disertai dengan ancaman jika ia tetap membandel. Beri nasihat dengan cara yang halus dan kalimat yang mudah dimengerti anak.

3. Berikan konsekuensi yang cerdas

Jangan marah-marah ketika anak melakukan kesalahan. Buat kesepakatan dengan anak perihal konsekuensi dari suatu bentuk pelanggaran tersebut. Marah-marah tanpa hal yang jelas hanya akan dianggap sebagai peringatan bagi anak. Besar kemungkinan jika ia akan
mengulanginya di lain waktu.

4. Konsisten dalam memberikan konsekuensi

Jika kesepakatan tentang hukuman sudah dijalankan, Anda harus konsisten dalam memberikan hukuman. Hal tersebut akan membuat anak disiplin dan kapok dalam melakukan hal yang dilarang.

5. Beri peringatan

Kalau anak tidak mau patuh, ambil tindakan saat itu juga agar membuat anak kapok dan tidak mengulanginya lagi. Pastikan dalam hal ini Anda tidak menuturkan kata-kata kasar, dan hukuman yang terlalu berat.

6. Jangan memberi janji

Anda sebaiknya tidak memberi janji agar anak mau mengikuti perintah. Hal tersebut akan mengakibatkan anak akan selalu meminta imbalan untuk melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar