Rabu, 06 Februari 2013

Fearless Felix Capai Kecepatan 1.357 Kilometer/Jam

Penerjun payung Austria Felix Baumgartner ternyata lebih cepat dari perkiraannya atau orang lain saat melakukan loncatan yang memecahkan rekor dunia pada Oktober lalu dari ketingian 38 kilometer.

Penerjun payung yang dijuluki Fearless Felix itu mencapai kecepatan 1,357 kilometer per jam berdasarkan angka resmi yang dirilis Senin (4/2). Kecepatan itu sama dengan 1,25 mach atau 1,25 kali kecepatan suara.

Kecepatan tertinggi Baumgartner awalnya diperkirakan lebih lambat sekitar 16 kilometer per jam atau sekitar 1.324 kilometer per jam (1,24 mach).

Hal itu menjadikan Baumgartner sebagai manusia pertama yang memecahkan penghalang suara dengan hanya menggunakan tubuhnya. Fearless Felix menggunakan pakaian khusus dan menumpang di sebuah kapsul yang diterbangkan oleh sebuah balon helium raksasa di New Mexico.

Keberhasilan Baumgartner mencapai kecepatan supersonic selama setengah menit disebut sebagai hal yang luar biasa oleh Brian Utley, pencatat rekor resmi yang hadir pada aksi Baumgartner pada 14 Oktober itu.

Dalam aksi tersebut, detak jantung Baumgartner stabil do 185 detak per menit dan nafasnya juga normal.

Pria berusia 43 tahun itu melakukan loncatan dari ketinggian 38,969 meter, Meski lebih rendah 75 meter dari rencana awal namun lokasi itu tetap berada di kawasan stratosfer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar