Senin, 28 Januari 2013

Empat Gol Lionel Messi Tenggelamkan Osasuna

Lionel Messi sekali lagi menunjukkan kebintangannya dengan gelontoran empat gol ke gawang Los Rojillos.



Setelah menelan kekalahan perdana dari Real Sociedad pekan lalu, Barcelona langsung bangkit dengan menghantam Osasuna 5-1 di Camp Nou, Senin (28/1) dinihari WIB.

Bintang kemenangan The Catalans siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Argentino satu ini memborong empat dari lima gol timnya yang bersarang di dalam gawang Andres Fernandez.

La Pulga pun masuk buku sejarah sebagai pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam 11 partai Primera Division secara berturut-turut. Secara keseluruhan, total golnya di liga musim ini telah menyentuh angka 33.

Adapun hasil ini membawa Barca tetap kokoh di puncak klasemen dengan tabungan 58 angka, unggul 11 atas Atletico Madrid yang baru bermain setelah laga ini. Osasuna sendiri masih terpuruk di zona degradasi dengan nilai 18.
 
Babak Pertama:
Seperti biasa, kendali permainan langsung dipegang Barcelona sejak awal pertandingan. Peluang pun dihasilkan kurang dari lima menit laga berjalan.


Lionel Messi mengirim umpan kepada David Villa di sisi kiri. Nama terakhir lantas mengalirkan bola kepada Thiago Alcantara. Beruntung bagi Osasuna, kiper Andres Fernandez bergerak cepat untuk menyergap bola.

Meski begitu, gawang kubu tamu tetap kemasukan gol cepat di menit ke-11. Sapuan buruk Fernandez membuat bola jatuh ke penguasaan Xavi, yang langsung melepas umpan terukur kepada Messi.

Bintang mungil Argentina itu kemudian mengelabui Fernandez dan menjaringkan bola ke gawang kosong. Dengan gol ini, berarti Messi kembali masuk buku rekor. Ia menjadi pemain pertama sepanjang sejarah La Liga yang mampu menjebol gawang lawan dalam 11 jornada berurutan.

Memimpin 1-0 tak membuat Barca mengendurkan tekanan. Namun, di tengah dominasi tuan rumah, justru Los Rojillos sanggup menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan silang yang dilepas Marc Bertran, Raoel Loe melesatkan tendangan mendatar ke arah pojok gawang tanpa mampu dihadang Victor Valdes (24’).

Kedudukan imbang tak bertahan lama. Hanya empat menit setelahnya, El Barca kembali memimpin 2-1. Handball Alejandro Arribas di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih buat The Catalans dan mengganjar bek Osasuna itu dengan kartu kuning kedua.

Messi melangkah sebagai eksekutor dan sukses memperdaya kiper Fernandez untuk kedua kalinya dalam pertandingan ini.

Kalah jumlah pemain, Los Rojillos semakin keteteran menahan gempuran skuat Tito Vilanova. Gawang Osasuna akhirnya bobol lagi lima menit sebelum turun minum. Menerima umpan lambung Xavi, Dani Alves yang bergerak di sisi kanan lalu menyodorkan si kulit bulat untuk dituntaskan Pedro Rodriguez.

Babak Kedua:

Di awal babak kedua, pelatih Jose Luis Mendilibar melakukan dua pergantian untuk skuat Osasuna. Alvaro Cejudo dan Miguel De las Cuevas ditarik keluar untuk memberi tempat kepada Patxi Punal dan Masoud Shojaei.

Namun perubahan ini tak memberikan dampak berarti. Seperti di paruh pertama, mereka tetap kerepotan menghadapi tekanan deras Barcelona, yang berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-56 melalui gol ketiga Messi setelah menerima umpan Villa.

Ukiran hat-trick rupanya belum membuat Si Kutu puas. Hanya berselang dua menit, pemain 25 tahun itu membukukan nama di papan skor untuk keempat kalinya.

El Guaje kembali menginisiasi gol ini dengan operan kepada Adriano yang kemudia mengalirkan bola kepada Messi. Sang striker pun tak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mengubah skor menjadi 5-1 buat Azulgrana.

Keunggulan telak ini membuat Barca semakin nyaman dalam bermain. Serangan demi serangan pun terus dilancarkan. Menit ke-62, Villa berpeluang menambah skor untuk tuan rumah, tapi tendangannya usai mendapat bola dari Messi mengarah tepat ke Fernandez.

Memasuki seperempat jam akhir, giliran Alexis Sanchez, masuk menggantikan Pedro di menit ke-61, yang harus melihat upayanya gagal berubah gol. Sepakannya winger Cili itu meleset tipis saja di samping gawang Osasuna.

Sisa pertandingan terus menjadi milik Barcelona, namun sampai peluit panjang ditiup wasit rangkaian kans yang mereka ciptakan, termasuk tendangan keras Villa pada injury time, tak berujung gol tambahan.
 
Susunan Pemain:

Barcelona:
Valdés, Mascherano, Puyol, Adriano, Alves, Xavi, Thiago, Busquets, Pedro, Villa, Messi.

Osasuna:
Andrés Fernández, Marc Bertrán, Arribas, Flaño, Nano, Lolo, Raoul Loe, Oier, Cejudo, De las Cuevas, Llorente.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar