Rabu, 30 Januari 2013

Bagaimana Orangtua Bersikap saat Anak Gadisnya Jadi Remaja???

Menjadi seorang remaja merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap perempuan. Namun demikian, para orangtua harus bisa menjaga hubungan dengan seorang gadis mungil yang sedang memasuki transisi menjadi remaja.

Setiap orangtua tak dapat menjaga setiap anak perempuannya dari masa transisi itu. Mereka mulai peduli pada penampilan dan pergaulan.

Namun, para orangtua dapat mendampingi dan mengarahkannya untuk memasuki pergaulan masa transisi lebih baik. Caranya yaitu:

Tegaskan perubahannya
Anak perempuan yang tengah berada di masa itu lebih sering mematut diri di depan kaca. Mereka memperhatikan setiap perubahan dalam penampilannya.

"Keprihatinan saya adalah mereka mengagumi bintang film berbadan kurus. Lantaran itu, orangtua sebaiknya membantu anak mengajarkan mereka untuk menghargai kehidupan sendiri yang unik," kata Linda Malm, seorang konselor psikologist di Wyoming.

Orangtua, katanya, harus turun tangan memperkenalkan kepribadian dan kecerdasan untuk mempertambah kecantikan penampilan seorang anak perempuan. Jadi kecantikan tak sekedar merapikan rambut dan memoleskan makeup.

Membantu melewati masa transisi itu
Dardi Roy, orangtua berasal dari New Meksiko, mengatakan sebaiknya membantu anak-anak melewati masa perubahan dan transisi itu. Sehingga, anak-anak yang baru tumbuh menjadi gadis itu merasa nyaman dan percaya diri dengan perubahan mereka.

Menurut Malm, para ibu dan anak gadis mereka biasanya saling bertentangan dengan pakaian yang akan dikenakan. Biasanya, anak gadis menyontek penampilan selebriti muda sebagai panduan berbusana. Sayangnya, selebritas muda itu mulai menunjukkan tubuh mereka.

Malm mengatakan orangtua harus memiliki waktu untuk mendiskusikan cara berbusana bagi seorang gadis. Pastikan mereka menghargai tubuh mereka sebelum berbelanja busana yang mengekspose lekukan tubuh mereka.

Begitu pula dengan makeup. Ada beberapa hiasan tubuh yang tak boleh mereka pakai sebelum dewasa. Satu di antaranya tato karena sulit dihilangkan. Sedangkan makeup yang ringan bisa dihilangkan.

Beri kepercayaan pada mereka
Anak perempuan yang sedang beranjak dewasa biasanya tak ingin diperlakukan seperti gadis kecil. Mereka juga memerlukan ruang pribadi untuk berkembang dan bebas.

"Tapi mereka tetap membutuhkan orangtua untuk menjaga mereka," kata seorang mantan guru, Kim Giffin.

Memberikan ruang pribadi bukan berarti membebaskan mereka. Orangtua harus tetap memberi mereka tanggung jawab, seperti mencuci baju sendiri dan membantu melakukan pekerjaan rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar