Sabtu, 20 April 2013

Malam Tadi Dieng Dilanda Gempa

Malam Tadi Dieng Dilanda Gempa - Gempa melanda kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), semalam. Gempa terjadi beberapa kali dalam kurun waktu yang lama. Warga di sejumlah desa mengungsi ke tempat-tempat yang aman.

Data yang dikeluarkan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan gempa mulai terasa pukul 19.00-19.25 WIB dan telah terekam gempa sebanyak 86 kali dengan maksimum 10-100 mm dengan lama gempa 10–70 detik.

Kemudian pada 19.27-20.03 terekam 74 kali gempa dengan amplitudo maksimum 10-100 mm dan lama gempa 5-30 detik. Gempa tersebut hampir dirasakan seluruh wilayah pegunungan Dieng dengan skala MMI III-V.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengungkapkan seluruh jalan yang mendekati Kawah Timbang, baik jalan desa maupun jalan kabupaten, ditutup. "Penutupan dilakukan sambil menunggu pengukuran gas beracun. Kalau benar-benar tidak ada gas beracun, jalan baru dibuka," katanya.

Salah seorang warga di Dieng Kulon bernama Alif Rahman mengungkapkan bahwa ada dua desa yang mengungsi ke Dieng Kulon di antaranya Kepakisan dan Karang Tengah. "Sampai sekarang evakuasi masih berlangsung. Warga yang mengungsi ditempatkan di Balai Desa Dieng Kulon dan sekolah," kata Alif.

Ia mengungkapkan gempa masih terjadi dan merupakan gempa paling besar selama status Kawah Timbang siaga. "Sampai sekarang gempa masih terasa, padahal gempa mulai terasa sekitar kurang dari pukul 19.00," ujarnya.


>>> Ayo Ikutan Kontes Humor JOKES.WEB.ID <<<



Tidak ada komentar:

Posting Komentar