Jumat, 19 April 2013

Makanan "Enak" Berpotensi Memicu Stroke di Usia Muda

Makanan "Enak" Berpotensi Memicu Stroke di Usia Muda - Stroke merupakan satu dari penyakit mematikan di Indonesia. Stroke kian menjadi sorotan. Belakangan, penyakit tersebut cenderung menyerang generasi muda yang masih produktif atau sekitar 30-an tahun.

Dokter spesialis syaraf, Hardhi Pranata, mengatakan stroke menjadi penyakit ketiga paling mematikan di Indonesia, setelah jantung dan kanker. Dua faktor utamanya yaitu pola makan dan pola pikir.

Dua faktor itulah yang menjadi penyebab orang-orang muda pun bisa stroke. Ditambah lagi, mereka stres karena pekerjaan dan kemacetan. Kondisi itu rentan menimbulkan darah tinggi.

Saat stres melanda, orang di usia produktif cenderung mencari pelarian ke makanan enak tapi kurang sehat. Alasannya yaitu untuk memanjakan diri.

Kebiasaan itu meningkatkan kolesterol. Lemak pun menumpuk di pembuluh darah. Bila dibiarkan, aliran darah dan oksigen dalam pembuluh darah tersumbat. Stroke pun menyerang.

Untuk menghindarinya, Hardhi menyampaikan beberapa tips bagi kalangan muda:

1. Kelola pola pikir
Satu di antaranya yaitu ibu hamil sebaiknya menghindari stres. Karena saat lahir, mental sang bayi pun akan labil.

2. Atur pola makan
Hindari obesitas dini dengan tidak mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, lemak, dan gula. Makanan tersebut memicu peningkatan asam pada darah yang berpotensi mendatangkan penyakit seperti asam urat dan kolesterol.

Perbanyak mengonsumsi sayuran, ikan laut, buah-buahan, dan biji-bijian. Tujuannya untuk menetralisasi asam dalam darah.

Bila itupun terjadi, Hardhi bersedia membantu. Di kliniknya, Hardhi yang juga anggota tim kepresidenan itu menerapkan berbagai metode terapi menyembuhkan stroke seperti ozon, magnetik, setrum, dan herbal.

Menurutnya, waktu sangat diperlukan untuk memulihkan kondisi pasien. Lantaran itu, pasien harus disiplin menghindari pantangan makan dan memperbaiki pola hidup.


>>> Ayo Ikutan Kontes Humor JOKES.WEB.ID <<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar