Sabtu, 06 April 2013

Cara Sembuhkan Otak yang Rusak

Cara Sembuhkan Otak yang Rusak - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memiliki rencana untuk mengembangkan alat yang dapat memetakan otak manusia. Tidak hanya itu, melalui lembaga bernama The Brain Research through Advancing Innovative Neurotechnologies (BRAIN) alat itu nantinya juga bisa menyembuhkan otak jika mengalami kerusakan.

Sekedar catatan, apa yang dilakukan BRAIN hanyalah meneruskan program Human Genome yang dilakukan oleh Kementerian Energi AS sejak 1990 yang bertugas untuk mengidentifikasi dan memetakan struktur DNA manusia.

Untuk bisa memetakan otak manusia, pemerintahan Obama rela mengucurkan dana sebesar US$100 juta dan investasi itu diharapkan bisa memberikan gambaran bagi para ilmuwan mengenai cara kerja otak secara real-time. Selain itu alat tersebut berpotensi untuk menyembuhkan penyakit alzheimer dan epilepsi.

"Proyek ini dapat memberikan keuntungan atas investasi dan mempertahankan status AS sebagai pemimpin inovasi dunia," ujar Obama, Selasa (2/4) waktu setempat.

Politisi Partai Republic Eric Cantor menyambut baik ide Obama dan berkata bahwa apa yang dilakukan BRAIN semestinya memang didanai oleh pemerintah. "Selama ini pendanaan hanya fokus untuk penelitian di bidang politik dan ilmu sosial saja. Apa yang nantinya dikerjakan oleh BRAIN adalah teknologi yang luar biasa," ujar Cantor seperti dilansir Mashable dalam situsnya.

BRAIN pun tidak akan bekerja sendiri karena tiga lembaga negara siap membantu. Mereka adalah National Institutes of Health, Defense Advanced Research Projects Agency, dan National Science Foundation. Tim peneliti akan dipimpin oleh Dr Cornelia Bargmann dari Universitas Rockefeller. Sementara Dr William Newsome dari Universitas Standford sebagai pemandu.

 sumber: Lintasan IPTEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar