Senin, 07 Januari 2013

Sungai Bengawan Solo Meluap, Ratusan Rumah Tergenang

Ratusan rumah di tiga kabupaten di Jawa Timur, terendam banjir, Senin (7/1). Ketinggian air bervariasi mulai setengah meter hingga 1,5 meter.

Banjir datang setelah aliran Sungai Bengawan Solo meluap akibat tak mampu menampung air hujan. Di Tuban, dua desa--Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel; dan Desa Kenongo Sari, Kecamatan Soko--bahkan terisolir. Akses utama sepanjang empat kilometer menuju dua desa itu terputus karena ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Meski terkurung banjir, toh banyak warga nekat menerobos genangan air dengan berjalan kaki. Mereka mengaku tak punya pilihan karena jalur alternatif harus memutar sejauh 10 kilometer, yang celakanya juga tergenang.

Di Gresik, keadaannya tak jauh berbeda. Puluhan rumah terendam sejak tiga hari terakhir. Parahnya, dari hari ke hari, banjir bukannya surut, melainkan tambah tinggi. Aktivitas warga otomatis terhambat.

Sementara di Babat, Lamongan, satu sekolah terendam banjir. Kondisi ini mengakibatkan proses belajar mengajar terganggu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan masih ada 32 kecamatan di Jatim, waspada banjir.


>>> sumber <<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar