Minggu, 24 Maret 2013

Kerja Pertama Paus Fransiskus Pimpin Misa Minggu Palma

tendangNews-Paus Fransiskus akan mengawali masa ibadat kebaktian atau liturgi penting bagi Gereja Katholik dengan memimpin Misa Minggu Palma di Roma, Italia, Ahad (24/3). Sementara itu, puluhan ribu peziarah diperkirakan memadati lapangan Santo Petrus untuk mengikuti misa penanda awal pekan suci bagi umat Katholik.

Gereja Vatikan akan membagi-bagikan potongan batang pohon zaitun kepada jemaat yang mengikuti misa itu. Potongan pohon zaitun melambangkan kenangan saat Yesus memasuki kota Yerusalem sebelum peristiwa penyalibannya.

Setelah Minggu Palma, Paus akan memimpin enam misa lainnya sepanjang pekan. Puncaknya yaitu misa perayaan Paskah dan pemberkatan Urbi et Orbi.

Pada Sabtu (23/03), Paus asal Argentina ini bertemu dengan pendahulunya Paus emeritus atau nonaktif Benediktus XVI. Pertemuan berlangsung tertutup di ruang perpustakaan istana musim panas kepausan di Castel Gandolfo dekat Roma, Italia.

Paus Fransiskus dinilai telah menunjukan upayanya mendorong hubungan lebih dekat gereja dengan warga biasa. Paus Fransiskus telah meminta Gereja Katolik Roma untuk lebih dekat dengan warga biasa, terutama kaum miskin dan yang kurang beruntung.

Hanya 10 hari menjelang kepausannya, dia membuat sejumlah perubahan kecil tetapi signifikan dalam gaya hidup seorang pemimpin Gereja Katolik Roma. Dia memakai baju yang lebih sederhana ketimbang jubah mewah yang biasa dipakai pendahulunya.

Paus pertama dari Amerika Latin itu juga menolak mobil khusus. Ia memilih menggunakan bus bersama para kardinalnya setelah dia terpilih. Ia juga bersikeras kembali ke hotelnya di Roma untuk guna membayar tagihannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar